MY STORE

Thursday 28 June 2012

EURO 1976 di Yugoslavia, Winner: Cekoslowakia

Sejarah Piala Euro 1976
Data & Fakta
Digelar pada 16-20 Juni 1976, Piala Eropa di Yugoslavia ini menghasilkan jawara baru, Cekoslowakia. Menjadi tim yang tidak diunggulkan di kompetisi ini membawa berkah buat pasukan Vaclav Jezek.
Di luar dugaan, mereka mampu mengalahkan Belanda 3-1. Der Oranje yang diperkuat pemain-pemain
berpengalaman seperti Johan Cruyff dan Johan Neeskens tidak mampu menjebol gawang Cekoslowakia yang dikawal Ivo Viktor. Satu-satunya gol untuk Belanda justru hasil kesalahan kapten Cekoslowakia, Anton Ondrus yang membuat gol bunuh diri.
Di final, Cekoslowakia bertemu dengan sang juara bertahan Jerman Barat. Tampil tanpa beban, Ceko mampu unggul dua gol atas Jerman Barat sebelum Dieter Mueller dan Bernd Holzenbein menyamakan kedudukan.
Pertandingan pun dilanjutkan melalui tendangan penalti. Uli Hoeness menjadi satu-satunya pemain Jerman Barat yang gagal. Sedangkan semua pemain Cekoslowakia berhasil menceploskan penalti ke gawang Sepp Meier. Cekoslowakia pun berhak menjadi jawara Piala Eropa 1976 untuk pertama kalinya.
Fakta Unik
Antonin Panenka yang menjadi penendang penalti penentu kemenangan Cekoslowakia, melakukan tendangan tidak wajar di masa itu. Bukannya menendang ke sisi kanan atau kiri kiper, ia malah mengecoh kiper Sepp Meier dan menendang ke arah kiper.
�Saya tahu kiper akan bergerak ke kanan atau ke kiri, maka dari itu saya melakukan perjudian dengan menendang bola ke tengah. Hasilnya, kami berhasil menggondol Piala Eropa 1976,� ujar Panenka.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...