MY STORE

Thursday 28 June 2012

Sejarah Piala Euro 1964 di SPANYOL. winner : spanyol


Data & Fakta
UEFA sukses menggelar Piala Eropa pertama di Perancis. Mereka pun kembali menggelar turnamen untuk menentukan yang terbaik di Eropa. Sama seperti Piala Dunia, Piala Eropa pun diadakan setiap 4 tahun sekali.

Spanyol terpilih menjadi tuan rumah melalui pengaruh Jenderal Franco. Format kejuaraan pada 1964 ini sama seperti sebelumnya, yaitu tidak digelar di Spanyol sebelum babak semifinal.
Jumlah peserta pun bertambah dari 17 menjadi 29 negara. Termasuk Inggris dan Italia yang pertama kalinya mengikuti kompetisi ini. Selain Spanyol, tiga negara lain yang lolos adalah Uni Soviet, Hungaria dan Denmark.
Spanyol mengawali pertandingan dengan sukses setelah mengalahkan Hungaria 2-1 lewat perpanjangan waktu. Mereka pun berhak maju ke final dan berhadapan dengan rival Uni Soviet yang juga menggilas Denmark 3-0.
Jika pada 1960 Jenderal Franco tidak memperbolehkan La Furia Roja bermain melawan Uni Soviet, namun pada kesempatan ini ia membiarkan timnasnya bermain melawan Lev Yashin dan kawan-kawan. Hasilnya, Spanyol memenangi Piala Eropa pertama lewat gol Pereda dan Marcelino. Ini juga menjadi piala pertama yang diraih Spanyol di tingkat dunia.
Kontroversi
Yunani keberatan untuk bermain melawan Albania akibat perselisihan diplomatik kedua negara sejak 1960. Mereka pun memutuskan untuk mundur dari kejuaraan ini.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...