MY STORE

Thursday 28 June 2012

Sejarah Piala Euro 1960 (EURO pertama)


Data & Fakta
Perancis tercatat sebagai negara pertama penyelenggara kejuaraan Piala Eropa 1960. Kompetisi diadakan pada 6-10 Juli 1960 dan diikuti oleh 4 negara termasuk Perancis dan negara adikuasa Uni Soviet. Dua Negara lainnya adalah Yugoslavia dan Cekoslowakia.

Adalah Henry Delaunay yang menjabat Ketua Federasi Sepakbola Perancis atau FFF menjadi penggagas kompetisi bagi seluruh negara Eropa ini. Sayangnya, Delaunay lebih dulu meninggal dunia sebelum melihat hasil karyanya ini..Sebagai bentuk penghargaan, Asosiasi Sepakbola Eropa atau UEFA kemudian menamakan piala ini sebagai Piala Henry Delaunay sebagai pengingat jasa-jasanya selama ini.
Saat itu, babak perdelapan dan perempat final tidak diadakan di Perancis melainkan di masing-masing negara peserta dengan sistem kandang dan tandang. Oleh karena itu, empat negara yang tidak lolos semifinal yaitu Spanyol, Portugal, Austria dan Rumania tidak ikut bermain di Perancis.
Kompetisi ini dimenangkan oleh Uni Soviet dengan mengalahkan Yugoslavia 2-1 lewat perpanjangan waktu. Kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin menjadi pahlawan di pertandingan ini karena sukses mempertahankan gawangnya dari serbuan pemain-pemain Yugoslavia.
Ini adalah kemenangan pertama dan satu-satunya bagi Uni Soviet. Sempat masuk babak final di 1964, 1972 dan 1988, mereka gagal mendapatkan trofi sampai akhirnya negara ini pecah dan berganti nama menjadi Rusia.
Kontroversi
Spanyol yang ketika itu masih dipimpin oleh Jenderal Franco sebenarnya mempunyai peluang tampil di Piala Eropa 1960. Tapi, karena lawan mereka di perempat final adalah Uni Soviet yang menganut komunis dan mendukung Basque serta Catalan pada perang saudara Spanyol, Tim Matador memilih mundur daripada harus bertolak ke Uni Soviet.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...