MY STORE

Thursday 28 June 2012

Euro 1992 di Swedia, Winner: Denmark

Sejarah Piala Euro 1992
Data & Fakta
Swedia menjadi tuan rumah turnamen yang digelar pada 10-26 Juni 1992 ini. Untuk pertama kalinya Uni Soviet tidak ada dalam daftar peserta Piala Eropa 1992.

Nama Uni Soviet diganti menjadi Commonwealth of Independent States atau Persemakmuran Negara-negara Merdeka disingkat CIS. Di Piala Eropa 1988 ini, untuk pertama kalinya pula Jerman tidak memakai nama Barat atau Timur setelah kedua pihak bersatu pada 1990.
Kejutan diletupkan Denmark di turnamen ini. Tim Dinamit yang tidak diunggulkan ternyata mampu membuat para penonton terhenyak. Berada di Grup B bersama tuan rumah Swedia, Inggris dan Perancis, di luar dugaan mereka mampu mengalahkan Perancis yang lebih diunggulkan.
Di semifinal, Denmark bertemu lawan berat yaitu Belanda, sang juara bertahan. Pertandingan berlangsung sengit dan harus ditentukan lewat adu penalti.
Kiper Denmark, Peter Schmeichel secara mengejutkan menahan tendangan penalti Marco van Basten. Dan Denmark pun lolos ke babak final.
Lawan Denmark di final adalah Jerman. Lagi-lagi di final Schmeichel tampil cemerlang dan tidak membiarkan Jerman menyarangkan bola ke gawangnya.
John Jensen dan Kim Vilfort mencetak gol untuk Denmark. Skor 2-0 bertahan hingga usai sehingga Denmark untuk pertama kalinya mencicipi Piala Eropa.
Kontroversi
Awalnya, Yugoslavia berhak lolos ke Piala Eropa 1992. Tapi, karena perang saudara yang sedang melanda negeri tersebut, Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB mendiskualifikasi Yugoslavia dari ajang tersebut. Denmark yang menjadi runner-up langsung dipilih untuk menggantikan Yugoslavia ke Piala Eropa 1992. Hebatnya, Denmark mampu menjadi juara.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...