MY STORE

Thursday 28 June 2012

EURO 1980 di Italia, Winner: Jerman Barat

Data & Fakta
Sukses menjadi tuan rumah Piala Eropa 1968, Italia kembali dipilih UEFA menggelar Piala Eropa 1980. Untuk pertama kalinya format Piala Eropa berubah.

Di Piala Eropa sebelumnya, hanya empat negara yang berhak tampil di Piala Eropa. Semakin berkembang dan kompetitifnya persaingan antar negara di Eropa membuat UEFA memutuskan untuk menambah empat negara lagi sehingga total delapan negara berhak maju ke Piala Eropa 1980.
Turnamen ini dibagi menjadi dua grup. Di Grup A terdapat Jerman, Cekoslowakia, Yunani dan Belanda. Sedangkan Grup B berisikan tuan rumah Italia, Belgia, Spanyol dan Inggris.
Italia tampil tanpa penyerang Paolo Rossi harus kesulitan menghadapi Belgia yang di luar dugaan tampil cemerlang. Setelah hanya berada di peringkat 2 di Grup B, Italia hanya berhak tampil pada perebutan posisi 3 melawan Cekoslowakia. Sayangnya, setelah bermain imbang 1-1, Italia harus takluk dari Cekoslowakia.
Final mempertemukan Jerman Barat dan Belgia. Jerman Barat tampil menyerang dan unggul lebih dulu di menit 10 lewat gol Horst Hrubesch sampai akhirnya Belgia menyamakan kedudukan lewat titik putih.
Namun, kemudian Hrubesch mencetak gol kedua sekaligus gol kemenangan untuk Jerman Barat. Tim Panser berhak menjadi jawara Piala Eropa 1980.
Kontroversi
Salah satu Piala Eropa yang tidak sukses karena sedikitnya penonton. Kerusuhan yang terjadi antara hooligans Inggris dengan pendukung Belgia menjadi catatan kelam di Piala Eropa 1980.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...