MY STORE

Thursday 28 June 2012

Euro 1984 di Prancis, Winner: Prancis

Data & Fakta
Perancis diberi kehormatan untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 1984 setelah sukses pada Piala Eropa 1960. Perancis berada di Grup A bersama Denmark yang untuk pertama kalinya tampil di kejuaraan Eropa,
Belgia (finalis Piala Eropa 1980) dan Yugoslavia. Sedangkan Jerman Barat, Spanyol, Portugal dan Rumania berada di Grup B.
Michel Platini menjadi bintang di Piala Eropa 1984. Ia membawa Perancis menjuarai Grup A dan menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan. Denmark, di luar dugaan mampu mendampingi Perancis untuk lolos ke semifinal setelah menang atas Yugoslavia dan Belgia.
Jerman Barat yang tampil superior di Piala Eropa sebelumnya ternyata sangat mengecewakan di Perancis. Mereka hanya mampu berada di peringkat 3 dan tidak lolos grup. Spanyol dan Portugal yang berhak lolos dari Grup B.
Di semifinal, gol Platini di babak perpanjangan waktu membawa Perancis ke final dan bertemu dengan Spanyol yang lolos ke final setelah menang lewat adu penalti atas Denmark. Di final yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Perancis mengukuhkan diri sebagai juara lewat kemenangan 2-0 atas Spanyol. Ini merupakan kali pertama Perancis meraih trofi juara di tingkat Eropa.
Kontroversi
Setelah tampil mengecewakan, Federasi Sepakbola Jerman Barat memutuskan untuk memecat pelatih Jupp Derwall sesaat setelah mereka dinyatakan tidak lolos ke babak semifinal. Legenda tim nasional Jerman, Franz Beckenbauer dipilih untuk menggantikan Derwall.

No comments:

Cara Mempercepat Koneksi Modem

Mungkin banyak diantara sobat neamer yang sering jengkel dengan koneksi internet yang dipakai, apalagi yang memakai modem. mulai dari ko...